Visi MPV-UAD adalah:
“Menjadi Program Magister Pendidikan Guru Vokasi (MPV) yang unggul dalam pembelajaran kontekstual dan tajam dalam analisis guna menghasilkan SDM profesional di bidang vokasi yang berwawasan global.
Misi MPV-UAD adalah:
1. Mengembangkan ilmu Pendidikan Vokasi yang inovatif dan responsif terhadap tuntutan zaman.
2. Menghasilkan ahli pendidikan vokasi yang menguasai pembelajaran vokasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan riset.
3. Mengembangkan kecakapan kepemimpinan dan manajerial dalam lembaga diklat vokasi yang efektif.
4. Menghasilkan SDM vokasi yang cakap dalam mengimplementasikan keahlian kepemimpinan dan manajemen guna menyelaraskan kesenjangan antara pendidikan dengan dunia kerja.
5. Membentuk jaringan kerja sama lokal dan global di bidang vokasional.

Apa itu MPV-UAD?
Dunia pendidikan dan pelatihan (diklat) vokasional berkembang dinamis seiring dengan visi pemerintah dalam peningkatan daya saing bangsa. Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang membuka aliran tenaga kerja terlatih secara bebas merupakan bukti dinamika kebutuhan tenaga kerja terampil yang menuntut pengakuan regional. Sementara itu, di tingkat domestik, problem relevansi diklat vokasional dengan kebutuhan dunia kerja belum terjembatani secara komperehensif.
Program Pascasarjana UAD membuka Program S2 Magister Pendidikan Vokasi (MPV UAD) untuk menjawab tantangan tersebut, yaitu menghasilkan sumber daya menusia dalam bidang diklat vokasional yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan vokasional, kemampuan memecahkan masalah kesenjangan dunia diklat dengan dunia kerja, kemampuan manajerial dan kepemimpinan, kemampuan dalam inovasi pembelajaran, dan kemampuan mengelola riset strategis bidang diklat vokasional.
Mengapa MPV-UAD?
1) MPV-UAD dirancang secara khusus dapat ditempuh dalam 18 bulan (3 semester).
2) Sit-in overseas dan internship.
3) Dapat menempuh short course di TVET UTM Malaysia.
4) Kemampuan membangun jejaring Dalam Negeri dan Luar Negeri.
Apa yang dipelajari di MPV-UAD?
Untuk meraih gelar M.Pd. dalam bidang Pendidikan Vokasional ini di butuhkan 36 kredit meliputi matakuliah-matakuliah: Prinsip Keilmuan dan Isu Kontemporer PV, Teori dan Strategi Belajar PV, Pengembangan Kurikulum PV, Bimbingan Karir Vokasional, Edupreneurship, Statistika, Metode Penelitian, Bahasa Inggris, dan Studi Islam serta Tesis.
Matakuliah yang dapat ditempuh: Penyelarasan Diklat Vokasi dan Dunia Kerja, Kepemimpinan/ Manajemen Strategis, dan Inovasi Pembelajaran Vokasi.
Untuk siapa?
1) Guru SMK, instruktur Balai Latihan Kerja (BLK), instruktur Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), instruktur diklat kejuruan industri/lainnya, peneliti, serta peminat bidang diklat vokasional.
2) Lulus S1 semua bidang kependidikan maupun non-kependidikan dengan IPK minimal 2,75.
3) Memiliki skor TOEFL minimal 400 (bisa menyusul)
4) Lulus tes masuk MPV-UAD.